Cara Mengisi/Input Nomor dan Nilai UKG Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Diposting pada

Selamat datang di blog Aplikasidapodik.com, pada kesempatan ini admin ingin berbagi informasi tentang update terkini tentang Nomor UKG yang harus di entri dalam aplikasi dapodik pada data rinci,

Nomor peserta Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang terletak pada menu Nilai Test dalam Aplikasi Front End Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) harus diisi oleh guru-guru yang telah mengikuti UKG.

Nomor UKG tersebut akan digunakan sebagai acuan melihat data Info GTK pada SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Apabila dikosongkan maka guru belum dapat melakukan pengecekan data pada Layanan Info GTK yang terletak dalam laman SIMPKB, yang berkonsekuensi pada informasi layak-tidaknya memperoleh tunjangan profesi.

Beberapa penjelasan terkait input data UKG dalam aplikasi dapodik adalah sebagai berikut :

  1. Bertujuan untuk digunakan dalam proses integrasi SIMTUN dan SIMPKB.
  2. Belum 100% guru yang memiliki NUPTK sehingga ada data yang tidak match antara SIMTUN dan SIMPKB.
  3. Untuk memudahkan proses integrasi, dipandang perlu  jembatan 2 sistem tersebut, dibutuhkan nomor unik  yaitu nomor peserta UKG.
  4. Nomor peserta UKG ini yg di ambil sebagai nomor unik untuk mengidentifikasi data individu antar 2 sistem khususnya bagi PTK-PTK yg tidak memiliki NUPTK.
  5. Nilai UKG tidak wajib di input pada Aplikasi Dapodik. Apabila nilai UKG belum diketahui, untuk sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol).

Demikian informasi ini dibuat, dan diharapkan seluruh rekan guru dapat memberikan data yang valid kepada Operator Dapodikdasmen di masing-masing Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal)/Sekolah Induk.

Login Aplikasi Dapodik

Setelah login dapat menuju menu GTK, kemudian pilih nama GTK yang akan di isi nilai dan nomor test UKGnya. Edit Data Rinci PTK Setelah memilih nama PTK selanjutnya pilin menu Ubah untuk mengubah dan mengisi data UKG.

Pada menu data rinci pilihlah sub-menu Nilai Test lalu pilih tombol tambah, pada jenis test pilihlah UKG selanjutnya isi sesuai kolom.
1. Jenis Tes diisi dengan UKG
2. Nama diisi Ujian Kompetensi Guru
3. Penyelenggara diisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Tahun seseuikan dengan data masing-masing (Misalnya 2015)
5. Skor Final/Nilai UKG diisi sesui nilai UKG masing-masing (Jika tidak atau belum tahu isikan 0)
6. Nomor Peserta diisi sesuai nomor masing-masing (Misalnya 201510315713)

Simpan dan Singkronkan Dapodik

Pastikan data sudah diisi dengan benar dan menyimpannya, kemudian segera melakukan proses singkronisasi dapodik ke server agar data UKG dapat segera diproses.

Proses ini tentu tidak seketika karena setelah data diterima server dapodik selanjutnya menunggu penarikan data oleh system SIM PKB, karenanya segeralah melakukan singkronisasi agar data dapat segera diproses sehingga dapat meminimalisasi permasalahan yang mungkit timbul dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *